10 Penemu Yang Tidak Terkenal Padahal Jasanya Sangat Besar

10 Penemu Yang Tidak Terkenal Padahal Jasanya Sangat Besar

10 Penemu Yang Tidak Terkenal Padahal Jasanya Sangat Besar.  nama-nama penemu besar dalam sejarah seperti: Newton, Einstein, Edison, Franklin , Jobs, Gates, dan bahkan Zuckerberg. Tanpa menyadarinya ada beberapa penemu hampir tidak dikenal, padahal jasanya sangat berarti bagi kehidupan modern diantaranya:

  1. William Upjohn, penemu pil
  2. Willis Haviland Carrier, penemu AC
  3. Adolph Rickenbacher, penemu gitar listrik
  4. Scott Falham, penemu emoticon
  5. Pellegrino Turri, penemu mesin tik
  6. Hunter Shelden, penemu sabuk pengaman
  7. Dennis Ritchie, Bapak dari pemrograman komputer modern
  8. Joseph Fry, penemu cokelat
  9. Sir John Harrington, penemu Toilet
  10. James Goodfellow, penemu ATM dan sistem PIN

Mari kita uraikan nama-nama penemu di atas mulai dari angka 10.

10. James Goodfellow, penemu ATM dan sistem PIN

James Goodfellow adalah orang Inggris yang meraih gelar kebangsawanan karena kberhasilannya menemukan ATM (automatic teller machine) dan, yang lebih penting, konsep PIN (nomor identifikasi pribadi). Sehingga kita bisa mendapatkan uang di luar bank dan tetap mendapatkan privasi saat melakukannya. Sampai hari ini Goodfellow menegaskan bahwa ia “hanya melakukan pekerjaan (nya)” ketika ia memimpikan konsep revolusioner. Dan meskipun itu digunakan oleh ratusan juta orang di seluruh dunia setiap hari, Goodfellow mengatakan penemuannya belum membuatnya mendapatkan satu sen pun.

9. Sir John Harrington, penemu Toilet

Pada masa Abad Pertengahan di Eropa ketika sistem pembuangan merupakan bencana bau, Sir John Harrington mengonsep sistem pipa modern. Itu juga alasan mengapa toilet di eropa disebut “John”. Sir Harrington, merupakan anak baptis Ratu Elizabeth I, dikreditkan dengan inventing toilet flush pertama tahun 1596. Prototipe pertama Harrington sangat mahal dan harus dibangun khusus untuk rumah-rumah penduduk, termasuk untuk Ratu sendiri.

8. Joseph Fry, penemu cokelat

Dia pada dasarnya adalah orang yang mengindustrialisasi cokelat sehingga kita bisa makan cokelat yang lezat. setelah menemukan cara menggiling biji cokelat dengan mesin uap, Ia menjual cokelat untuk pertama kalinya pada tahun 1847. Ide pertamanya ialah membuat selai cokelat uang untuk bisa dicetak menjadi cokelat padat. tanpa penemuannya cokelat hanya akan menjadi barang mewah yang hanya bisa dinikmati sebagai minuman mahal.

7. Dennis Ritchie, Bapak dari pemrograman komputer modern

Meskipun miliarder seperti Jobs dan Gates dianggap sebagai yang “merevolusi” komputer, Dennis Ritchie menciptakan pemrograman C dan Unix, yang keduanya masih menyediakan kerangka kerja untuk setiap sistem komputer modern saat ini. Ritchie sering diabaikan sebagai salah satu kontributor untuk komputer tetapi inovasinya masih digunakan setiap hari, dan telah pasti membuka jalan bagi pembaruan dan gagasan baru yang akan datang.

6. Hunter Shelden, penemu sabuk pengaman

Dia adalah seorang ahli bedah saraf yang, pada tahun 1959, merevolusi industri mobil dengan sabuk pengaman modern. Shelden sering melihat kecelakaan mobil mengerikan, luka di kepala dan trauma otak paling sering dan parah. Ia menilai bahwa sabuk pengaman saat ini memberikan kontribusi terhadap masalah tersebut, dengan bantuan dari Kongres ia membuat yang baru. Sabuk pengaman yang dirancang ternyata menjadi langkah cerdik terhadap keselamatan mobil dan menjadi model standar wajib di semua mobil hari ini.

5. Pellegrino Turri, penemu mesin tik

Mesin ketik merupakan nenek moyang untuk keyboard saat ini, dan mereka memang kuno. Mesin tik pertama adalah alat besar yang dioperasikan lambat dan sering tidak berfungsi, tapi mereka tetap salah satu inovasi yang paling penting dalam sejarah. Mesin tik pertama dibangun oleh penemu Italia Pellegrino Turri, yang dirancang dan dibangun untuk temannya yang buta.

4. Scott Falham, penemu emoticon

Emoticon menembus jejaring sosial, email, SMS, dan segala bentuk pertukaran pesan informal hampir setiap hari. Beberapa orang menyukai mereka dan beberapa membenci mereka, tapi kita semua menggunakannya. Lalu dari mana mereka datang ? adalah Scott Falham, seorang profesor di Carnegie Mellon University di Pittsburgh, PA, yang mengirim emoticon pertama – wajah tersenyum lengkap dengan hidung – pada tahun 1982.

3. Adolph Rickenbacher, penemu gitar listrik

Gitar listrik merevolusi musik seperti yang kita kenal sekarang. Tanyakan siapa saja yang menemukan gitar listrik, dan mereka akan memberitahu Anda dalam satu detik: Les Paul. Sebenarnya, adalah bahwa Les Paul hanya meombak gitar listrik. Gitar listrik asli disebut “frying pan/wajan” (mirip dengan wajan) dan diciptakan di Amerika oleh Adolph Rickenbacher, seorang imigran Jerman. Dia meninggal pada usia 90 pada tahun 1976.

2. Willis Haviland Carrier, penemu AC

Pada tahun 1901, Willis H. mematenkan mesin pendingin udara pertama. Sebelum penemuan, metode AC hanya sistem ventilasi yang rumit yang tidak benar-benar menghasilkan udara dingin. Mesin baru ini bisa mengambil di udara bertekanan dan menyebarkannya melalui sistem pendinginan sebelum meniup ke mana ia diarahkan. Perusahaan yang ia dirikan, Carrier Engineering Corporation, telah lama dan masih merupakan produsen terbesar teknologi AC di dunia.

1. William Upjohn, penemu pil

Sebelum abad ke-20, pasien yang membutuhkan obat-obatan baik sebagai cairan atau pil keras. Namun, cairan seringkali terasa mengerikan dan pil biasanya bahkan tidak larut dalam perut pasien. William Upjohn, mahasiswa dari University of Michigan pada tahun 1875, mulai bereksperimen dengan formula pil baru yang akan membuat pengobatan yang lebih efisien. Dia berhasil, dan merupakan alasan pil menjadi sarana pengobatan yang nyaman.

 

Baca juga :

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.