Kiamat, Dalil-Dalil dan Tanda-Tandanya

Kiamat, Dalil-Dalil dan Tanda-Tandanya

Assalamualaikaum Wr Wb.

Dalil tentang Hari Akhir Umat Islam wajib percaya dan yakin bahwa hari akhir atau hari kiamat itu pasti akan datang, karena kelak manusia akan dibangkitkan kembali dari kubur untuk menerima pengadilan dari Allah SWT.

Ada beberapa surah di Al-qur’an yang membahas tentang hari akhir atau hari kiamat, di antaranya seperti disebutkan berikut ini.

Dalam Al -Quran Surat Al Araaf ayat 187 yang berbunyi:

يَسْألَُونَكَ عَنِ ال ه ساعَةِ أَيهانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنهمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِِّي لََ يُجَلِِّيهَا لِوَقْتِهَا إِ ه لَ هُوَ ثَقُلَتْ ف ي ال ه سمَاوَاتِ
وَالَْْرْضِ لََ تَأْتِيكُمْ إِ ه لَ بَغْتَةً يَسْألَُونَكَ كَأنَهكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنهمَا عِلْمُهَا عِنْدَ ه اللَّ وَلََٰكِ ه ن أَكْثَرَ النهاسِ لََ يَعْلَمُونَ

Artinya: “Mereka bertanya kepadamu tentang Kiamat, ‘Kapankah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu adalah pada sisi Rabb-ku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.’” [Al-A’raaf: 187]

Quran Surat Al-Ahzaab Ayat 63 yang berbunyi:

يَسْألَُكَ النهاسُ عَنِ ال ه ساعَةِ قُلْ إِنهمَا عِلْمُهَا عِنْدَ ه اللَِّ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَ ه ل ال ه ساعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا

“ Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah.’ Dan tahukah kamu (hai h jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.” [AlMuhammad), bole – Ahzaab: 63]

Juga sebagaimana difirmankan oleh Allah dalam Surat An Naziat Ayat 42-44, yang berbunyi:

يَسْألَُونَكَ عَنِ ال ه ساعَةِ أَيهانَ مُرْسَاهَا فِيمَ أَنْتَ مِنْ ذِكْرَاهَا إِلَىَٰ رَبِِّكَ مُ نتَهَاهَا

“(Orang-orang kafir) bertanya kepadamu (Muhammad) tentang hari berbangkit, kapankah terjadinya? Siapakah kamu (sehingga) dapat menyebutkan (waktunya)? Kepada Rabb-mulah dikembalikan kesudahannya (ketentuan waktunya).” [An-Naazi’aat: 42-44]

Allah SWT berfirman:

وّاَنّ السّاعَة اَٰتِيَة لّا رَيۡبَ فِيۡهَا وَاَنّ اللَٰ يَبۡعَ ه ث مَنۡ فِى الۡقهبهوۡ ر

Wa annas Saa’ata aatiya tul laa raiba fiiha wa annal laaha yab’asuman fil qubuur

Artinya: “Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur”. (QS. Al-Hajj: 7)

Masih banyak lagi ayat-ayat lainnya di Alquran yang membahas tentang hari kiamat, mulai dari menceritakan kejadian saat hari kiamat hingga tanda-tanda hari kiamat.

Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra

Dua Macam Kiamat Dikutip laman Kemendikbud, ada dua macam pengelompokan hari kiamat seperti yang disebutkan para ulama, yaitu:

❖ Kiamat Sugra (Kiamat Kecil) Yaitu terjadinya kematian yang menimpa sebagian umat manusia. Misalnya: matinya seseorang karena sakit, kecelakaan, musibah tsunami, banjir, tanah longsor, dan sebagainya.

❖ Kiamat Kubra (Kiamat Besar) Yaitu terjadinya kematian dan kehancuran yang menimpa seluruh alam semesta. Dunia porak-poranda, rusak, dan hancur. Kehidupan manusia akan berganti dengan alam yang baru yakni alam akhirat. Tanda-Tanda Hari Kiamat Meski hari kiamat sudah pasti datangnya, tetapi tidak ada yang mengetahui kapan waktu itu akan datang, sebagai umat Islam hanya wajib mengimaninya sesuai dengan rukum iman yang kelima.

Berikut ini tanda-tanda hari kiamat dari Allah SWT:

Tanda-tanda kiamat Kubra

❖ Jibril bertanya kepada Rasulullah SAW kapankah hari kiamat? Beliau menjawab: “Yang ditanya tentang hari kiamat tidak lebih mengetahui dari yang bertanya, tetapi saya akan memberitahukanmu tentang tanda-tandanya, yaitu: jika budak wanita telah melahirkan tuannya, jika para penggembala unta berlomba-lomba dalam meininggikan bangunan”. (HR Bukhari I/20 dan Muslim I/39)

❖ Keluarnya Dajjal Rosulullah menyebut keluarnya Dajjal sebagai fitnah terbesar yang terjadi semenjak penciptaan Nabi Adam SAW hingga hari Kiamat.

❖ Munculnya matahari dari barat Hal ini seperti firman Allah SWT: “Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka), atau kedatangan Tuhanmu, atau kedatangan sebagian tanda-tanda Tuhanmu. Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Tuhanmu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah ”Tunggulah olehmu karena sesungguhnya kamipun menunggu (pula).” (QS. Al-An’am: 158)

Selain tiga tanda di atas, berikut ini tanda-tanda kiamat lainnya:

  1. Hamba sahaya perempuan dikawini oleh tuannya,
  2. Ilmu agama dianggap sudah tidak penting lagi,
  3. Tersebarnya perzinaan karena memperoleh izin dari penguasa,
  4. Minuman keras merajalela,
  5. Jumlah wanita lebih banyak daripada laki-laki,
  6. Adanya dua golongan besar yang saling membunuh, tetapi sama-sama mengaku dirinya memperjuangkan agama Islam,
  7. Banyak terjadi gempa bumi,
  8. Fitnah muncul di mana-mana,
  9. Pembunuhan merajalela,
  10. Banyak manusia yang menginginkan dirinya mati,
  11. Munculnya binatang ajaib yang bisa berbicara,
  12. Turunnya Nabi Isa As.,
  13. Rusaknya Ka’bah,
  14. Lenyapnya Al-Quran,
  15. Seluruh manusia menjadi kafir,
  16. Munculnya Yakjut Makjut.

Nama-Nama Kiamat & Artinya

Dalam Al-Quran, ada disebutkan nama-nama lain untuk hari akhir ini. Di antara nama-nama yang disebutkan oleh al-Quran tentang hari akhir ini adalah:

  • Yaumul Qiyamah atau hari kiamat,
  • Yaumul Mahsyar atau hari berkumpul (bagi semua manusia),
  • Yaumul Hisab atau hari perhitungan (amal manusia),
  • Yaumuz Zilzalah atau hari kegempaan (goncangan),
  • Yaumul Waqi’ah atau hari kejatuhan,
  • Yaumul Qari’ah atau hari keributan,
  • Yaumul Ghasyiyah atau hari pembalasan,
  • Yaumul Haqqah atau hari kepastian,
  • Yaumut Tammah atau hari bencana agung,
  • Yaumul Jaza’ atau hari pembalasan,
  • Yaumul Wa’id atau hari ancaman,
  • Yaumul Mizan atau hari pertimbangan,
  • Yaumul Jami’ atau hari pengumpulan,
  • Yaumut Taghabun atau hari terbukanya segala kecurangan,
  • Yaumul Ba’ts atau hari kebangkitan,
  • Yaumud Din atau hari perhitungan, dan
  • Yaumul Khulud atau hari yang kekal.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.